Ciptakan Masyarakat Sehat, Pemprov Bengkulu Launching Car Free Day

1

Foto/Dok: Anasril Anwar

Interaktif News, Bengkulu - Pemerintah Provinsi Bengkulu melaunching Car Free Day (CFD) Minggu (27/10) . Yang dimulai star pada Pukul 05.30 WIB dan diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu.

Acara yang dipusatkan di Bundaran Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Jalan Ahmad Yani Kota Bengkulu ini, dalam rangka menyambut perayaan HUT Provinsi Bengkulu ke 51 dan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019.

Hari Bebas Berkendaraan Bermotor ini dilaunching oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. CFD ini merupakan yang pertama kali di adakan di Bengkulu, dan akan terus diadakan setiap dua kali dalam satu bulan yakni pada Minggu pertama dan Minggu kedua kedepannya.

Dalam launcing CFD ini, juga dilakukan penggerakan Massa Germas dan Pengukuhan Kader Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sestijen) Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Eni Gustina, Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI Kartini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta Istri Derta Wahyulin, Wakil Gubernur Bengkulu Dedi Ermansyah, Wakil Ketua I dan II DPRD Provinsi Bengkulu Samsu Amanah dan Suharto, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman, Anggota DPD RI Ahmad Kanedi, Unsur Forkopimda, Pejabat Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Asisten Setda Pemprov Bengkulu , Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi, Para Dokter, Tim Kesehatan serta seluruh perangkat OPD dan staf dilingkungan Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan, bahwa Launching Car Free Day ini dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara menyeluruh, masif dan sistematis guna menciptakan masyarakat yang sehat mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan hingga akhirnya pada  Gerakan Indonesia Sehat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah mendukung dan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini, Acara ini kita laksanakan bersama-sama guna menciptakan masyarakat yang sehat menuju gerakan Indonesia sehat," kata Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, mengatakan, tujuan dari kegiatan CFD, yakni untuk memberi tahu kepada seluruh masyarakat akan pentingnya menurunkan ketergantungan akan kendaraan bermotor.

Hal ini dilakukan supaya, terciptanya lingkungan yang sehat, udara yang segar dan sehat serta tercipta dan tersedia ruang terbuka hijau untuk seluruh masyarakat.

“Tujuan dari acara Car Free Day ini, adalah untuk mensosialisasikan kepada seluruh komponen masyarakat tentang pentingnya untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor supaya tercipta lingkungan yang sehat, udara yang sehat dan segar yang bebas dari pencemaran dan tersedia ruang terbuka hijau,” ujar Herwan.

Untuk Diketahui, Launching Car Free Day ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, Intruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Peraturan Gubernur Bengkulu nomor 440/569/Dinkes tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada Bupati/Walikota dan seluruh OPD dilingkungan Provinsi Bengkulu serta Surat Edaran Gubernur Bengkulu nomor 440/139-Dinkes 2019 tentang Gerakan Bawa Botol Minum Sendiri di Tempat Kerja dan Aktivitas Lain. Kemudian, agenda CFD ini juga berdasarkan Surat Rekomendasi Rapat Kerja Nasional tahun 2019 dan Rapat Kerja Daerah tahun 2018 tentang Upaya Pengendalian Penyakit tidak Menular salah satunya dengan mengadakan kegiatan CFD ini serta Surat Keputusan Gubernur Bengkulu nomor 149.B.1 tahun 2019 tentang Panitia Kegiatan HUT Provinsi Bengkulu ke-51 tahun 2019.

Reporter: Anasril Anwar
Editor: Iman SP Noya