Benarkah Seluma Bakal Gabung ke Provinsi Baru? Ini Tanggapan Wabup Gustianto

Tugu Penganten Seluma

Ikon Kabupaten Seluma, Tugu Penganten, Foto: Dok/@fianbkl

Interaktif News - Isu pembentukan Provinsi Baru bernama Palapa Selatan saat ini santer diberitakan. sejumlah media massa. Menariknya, salah satu kabupaten yang diisukan abakal bergabung dengan provinsi baru itu adalah Kabupaten Seluma.

Isu ini turut ditanggapi Wakil Bupati Seluma, Gustianto yang menyebut wacana tersebut sudah lama terdengar namun hanya baru sekedar wacana. Ia belum bisa memastikan apakah wacana tersebut benar-benar akan terwujud. "Sudah lama wacana ini, sekarang santer lagi," ucap Gustianto, Selasa, (08/08/2023)

Menurutnya, masuknya Kabupaten Seluma dalam daftar wilayah Provinsi Palapa Selatan merupakan hal yang sah-sah saja. Namun kata dia, pembentukan provinsi baru membutuhkan kajian yang mendalam, tidak bisa serta merta melakukan pemekaran.

"Sah saja kalau baru wacana dan usulan itu, kalau Seluma sudah masuk daftar bagian daerah masuk ke wilayah itu apa belum, belum sampai konfirmasinya kepada kita," ujar dia.

Wabup enggan berkomentar apakah setuju atau tidak apabila nantinya Kabupaten Seluma berpisah dari Provinsi Bengkulu dan masuk wilayah rencana pembentukan Provinsi Palapa Selatan. "Banyak kajiannya itu, jadi kita tunggu saja perkembangannya," ucap Wabup.

Sementara, menurut wacana yang berkembang, usulan pembentukan Provinsi Palapa Selatan telah disampaikan ke Presiden RI. Adapun wilayah yang masuk Provinsi Palapa Selatan diantaranya 3 kabupaten dari Provinsi Sumatera Selatan dan tiga kabupaten dari Provinsi Bengkulu.

Wilayah itu meliputi; Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur (Provinsi Bengkulu) dan  Kota Pagar Alam, Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Lahat kabuptaen (Provinsi Sumatra Selatan).

Enam kabupaten/kota ini rencanya akan berpisah dari dari provinsi induk masing-masing membentuk Provinsi Palapa Selatan yang tengah diusulkan pemekarannya.

Reporter: Deni Aliansyah Putra