8 Pilihan Buku Bacaan Terbaik 2022, Mulai dari Buku Fiksi hingga Nonfiksi

buku fiksi

Tips Interaktif - Menghabiskan waktu luang dengan menonton film dan bermain game memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, terpapar cahaya dari layar televisi dan gadget tentunya tidak baik bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyeimbangi waktu luang dengan membaca buku. Aktivitas ini selain bisa mengurangi stres dan menjaga otak agar tetap aktif, bisa juga memberikan banyak inspirasi dari buku yang kamu baca. 

Berbagai rekomendasi buku bacaan 2022 berikut ini bisa menjadi pilihan terbaik buat mengisi waktu luangmu jadi lebih menyenangkan. Bukan hanya buku non fiksi, ada juga buku fiksi yang bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi stres. Keep scrolling!

1. Filosofi Teras - Henry Manampiring

1

Stoisisme atau yang dikenal dengan Filosofi Teras yang ditemukan sekitar 200 tahun lalu merupakan filsafat Yunani-Romawi kuno, yang dapat membantu manusia dalam mengatasi emosi negatif dan menciptakan mental yang kuat untuk menghadapi hidup. 

Berbeda dengan filsafat yang berat, Filosofi Teras justru lebih mudah dipahami dengan kehidupan manusia masa kini. Tak heran, jika buku berjudul Filosofi Teras ini menjadi salah satu buku best seller di Indonesia. Kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp100 ribuan di toko buku online maupun offline. 

2. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

2

Ada lagi buku non fiksi yang bisa kamu baca agar waktu luangmu jadi lebih bermanfaat. Mark Manson membuat buku dengan judul yang sangat unik, yaitu “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat”. Dalam isi bukunya juga tidak kalah menariknya. 

Mark Manson mengatakan dalam buku ini bahwa “Kunci untuk kehidupan menjadi lebih baik bukan tentang mempedulikan banyak hal, melainkan tentang memperdulikan hal sederhana, hanya peduli tentang apa yang benar dan mendesak dan penting”. Buku best seller ini dijual secara luas dengan harga kisaran Rp60 ribuan.

3. Solo Leveling - Chugong  

3

Seong Jin-woo menjadi hunter agar bisa membayar biaya rumah sakit ibunya, walau ia menyandang predikat hunter terlemah dengan level E. Bukan hanya tubuhnya yang sering terluka, Seong Jin-woo juga kerap hampir kehilangan nyawa. Sang tokoh utama yang tidak memiliki kelebihan menjadi daya tarik tersendiri untuk dibaca. Solo Leveling bisa kamu beli mulai harga kisaran Rp200 ribu.

4. Si Putih - Tere Liye

4

Buat kamu pecinta novel karya Tere Liye, novel berjudul Si Putih ini wajib kamu baca. Buku ini mengisahkan tentang pandemi yang terjadi di antara penduduk pada klan yang jauh dari kemajuan teknologi. 

Banyak petualangan-petualangan seru lainnya yang bisa kamu temukan dalam novel ini. Kalau kamu penasaran bagaimana kisahnya, beli bukunya dengan harga kisaran Rp85 ribu. 

5. Laut Bercerita - Leila S.Chudori

5

Novel ini menceritakan tentang kisah historical fiction. Pembaca akan dibawa untuk mengingat kembali kejadian di era reformasi tahun 1998 yang membuat dunia menjadi kelam kala itu. 

Buku ini bisa memberikan banyak pembelajaran bagi para pembaca, karena Laut Bercerita mengandung banyak makna dari tokoh-tokoh laut yang hilang pada rezim Order Baru. Novel karya Leila S.Chudori bisa kamu temukan dengan harga kisaran Rp90 ribuan.

6. Automatic Habits - James Clear

6

Buat kamu yang sedang berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik, buku karya James Clear ini recommended banget buat kamu baca. Pada buku ini, James Clear menjelaskan tentang cara mewujudkan kebiasaan baru demi mencapai kehidupan yang lebih baik. Mengubah hidup tidak harus dimulai dari hal besar, namun dari perbuatan kecil juga bisa berdampak besar jika dilakukan dengan konsisten hingga menjadi kebiasaan. 

Cara sederhana seperti bangun lebih pagi akan memberi efek positif bagi kehidupan jika dilakukan secara terus-menerus. Buku non-fiksi ini memberikan tips sederhana untuk diterapkan agar bisa memotivasi siapa saja untuk membangun kebiasaan baru. Kamu bisa menemukan buku ini dengan harga kisaran Rp80 ribuan. 

7. This Time Tomorrow - Emma Straub

7

Lewat buku novel karya Emma Straub ini, kamu akan dibawa menelusuri peristiwa Alice yang terbangun pada tahun 1996. Saat itu Alice berusia 40 tahun dengan hidup yang cukup membahagiakan. Namun, setelah ayahnya jatuh sakit, Alice merasakan kejanggalan. 

Disinilah Emma Straub membangunkan kembali Alice yang berumur 40 tahun menjadi Alice muda berumur 16 tahun. Apa yang akan dilakukan Alice ketika ia kembali ke masa lalu? Kamu bisa menemukan novel fiksi ini mulai harga kisaran R75 ribu.

8. You Do You - Fellexandro Ruby

8

Buku karya Fellexandro Ruby ini bisa membantu kamu mengenali jati diri kamu sendiri. You Do You: Discovering Live Through Experiments & Self-Awareness akan mengajak pembaca berpikir tentang kemampuan apa yang mereka miliki, apa yang mereka gemari dan tujuan hidup mereka. Bukan hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan tentang bagaimana seseorang menemukan ikigai dalam dirinya. 

Dalam bahasa Jepang istilah ikigai adalah prinsip hidup yang sangat bermakna. Kamu juga bisa menemukan tips-tips dalam mencapai tujuan hidup di buku ini. Harga yang ditawarkan untuk buku ini adalah kisaran Rp100 ribuan.

Demikian rekomendasi buku bacaan terbaik 2022 mulai dari buku fiksi hingga non fiksi. Kamu bisa membeli rekomendasi buku diatas dengan penawaran harga termurah di Shopee! Banyak pilihan buku bacaan, alat tulis, dan buku binder yang bisa kamu temukan di platform belanja online ini. Kamu juga bisa menikmati pengalaman transaksi jual-beli secara aman, cepat, dan mudah saat belanja di Shopee. 

Ada banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan mulai dari gratis ongkir, cashback, diskon, dan aneka promo lainnya. Untuk bergabung dengan Shopee, kamu hanya perlu download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store, lalu ikuti langkah-langkahnya. 

Editor: Iman SP Noya