19 Kelompok Tani di Kaur Terima Bantuan Alsintan

Kelompok Tani

Penyerahan bantuan Alsintan ke Kelompok Tani Kaur. Minggu, 8 Oktober 2023. Foto: Dok

Interaktif News - Sebanyak 19 kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Kaur menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2023, dengan rincian yakni 5 unit Hand Traktor dan 14 Hand Sprayer.

Penyerahan bantuan Alsintan tersebut langsung diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin serta Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah kepada Kelompok Tani Kaur di Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan, Minggu (8/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Rohidin mengatakan bahwa penyerahan Alsintan sebagai upaya mendorong peningkatan produktivitas pertanian, dan merupakan salah satu program dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Sehingga kata Gubernur Rohidin, walaupun saat ini masih berada pada kondisi kemarau, petani tetap bisa produktif melalui kegiatan pembinaan melalui Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Pertanian.

"Saya pesankan kepada petani, pergunakan alsintan ini dengan baik dan penuh kekompakan, karena ini telah menjadi milik kelompok, maka di samping digunakan, juga disimpan dan dirawat dengan baik," ujar Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang selalu siaga mendukung dan mengarahkan petani untuk cerdas bertani sawah.

"Saya juga berterima kasih dengan PPL yang selalu mendampingi petani. Walaupun musim kemarau namun telah membuat petaninya semakin semangat," pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah berharap dengan pembagian Alsintan itu, hasil pertanian di Kabupaten Kaur dapat lebih meningkat untuk kesejahteraan masyarakat.

Dirinya juga berpesan agar kelompok Tani agar dapat merawat dan menjaga bantuan Alsintan yang telah diberikan, serta tidak menguasai secara pribadi.

"Saya minta kelompok Tani yang mendapatkan bantuan untuk dapat menjaga dan merawat, jangan dikuasai sendiri karena milik bersama dan kalau tidak di pergunakan bisa dipinjamkan juga ke desa tetangga sekitarnya," kata Sefty.

Ketua Kelompok Tani Tebat Maju Desa Jembatan Dua Kabupaten Kaur Yulisman Aprizal mengaku terbantu dengan adanya bantuan Alsintan itu, sehingga dapat mengelola sawah mereka nantinya dengan lebih maksimal.

"Sehingga nanti setelah berakhirnya musim kemarau, kami akan berupaya meningkatkan produktivitas hasil panen padi di tahun mendatang," kata Yulisman.

Editor: Alfridho Ade Permana