Gubernur Rohidin Beri Dukungan Fasilitas Kelompok Difabel

Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Difablepreneur Center. Jumat, 3 Desember 2021. Foto/Dok 

Interaktif News - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan dukungan fasilitas terhadap kelompok disabilitas agar dapat berkreativitas ekonomi secara mandiri.

Hal ini ditandai dengan diresmikan Difablepreneur Center (DCM) Mitra Masyarakat Inklusif (MMI) yang menjadi Pusat Usaha, Pelatihan dan Kreatifitas Disabilitas di Provinsi Bengkulu, Jumat (3/12/2021).

"Kita bagaimana melakukan pemberdayaan kelompok disabilitas secara terpadu. Ini kita jawab dengan membangun Difablepreneur Center MMI. Di sini menjadi pusat pelatihan dan kegiatan pemberdayaan. Seperti sablon, menjahit, laundry termasuk pembuatan kaki palsu," jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin juga memberikan apresiasi terhadap semangat kelompok disabilitas yang mempunyai tekat dan semangat yang kuat untuk maju. Hal ini seharusnya menjadi motivasi bagi semua masyarakat Bengkulu yang sehat jasmani untuk bisa mandiri.

"Saya berterima kasih dengan para mitra terutama sektor perbankan yang sudah menyalurkan CSR dan tentu lebih dari itu kepada teman - teman pengurus DCM yang begitu giat, begitu semangat nuraninya begitu kuat. Saya kira ini yang patut kita hargai. Semangat dari kelompok disabilitas untuk mandiri untuk bangkit dengan segara keterampilan yang mereka punya ini harus mendapatkan perhatian dan dukungan dari kita semua," jelas Gubernur Rohidin.

Dirinya mengajak semua lapisan masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata kelompok disabilitas dengan mengajak dan ikut serta dalam mendukung kemandirian kelompok disabilitas.

"Harapan saya ini tidak hanya seremonial sampai di sini, maka keterlibatan semua sektor dan stakeholder lain, saya harap betul bisa bersinergi, datang dan lihat aktifitas mereka, dukung apa yang mereka hasilkan, beli produk mereka, libatkan mereka dengan kegiatan - kegiatan kemasyarakatan, sehingga rasa percaya diri mereka semakin tumbuh dengan keterampilan yang mereka punya," harap Gubernur Rohidin.

Dalam kesempatan itu, Gubenur Rohidin meninjau beberapa produk hasil karya DCM Provinsi Bengkulu. Di antaranya adalah produk kuliner dan kain corak yang langsung diborong olehnya.

Program Pemberdayaan dan Perlindungan Kelompok Disabilitas masuk RPJMD Pemprov Bengkulu

Tak hanya memberikan dukungan fasilitas, Pemprov Bengkulu di bawah kepemimpinan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah terhadap pemberdayaan dan perlindungan kelompok disabilitas, diterjemahkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Bengkulu 2021-2026.

Yaitu memperkuat Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kelompok Disabilitas secara Terpadu. 
Hal tersebut ditegaskan Gubernur Rohidin usai membuka Acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat malam (3/12/2021).

"Terkait dengan semangat inklusifisme agar bagaimana pengakuan, penghargaan dan pemberian peran kepada kelompok-kelompok disabilitas ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai program pemerintahan," jelas Gubernur Rohidin.

Editor: Alfridho AP