Festival Batik Basurek Akan Hadirkan Wali Kota Se-Indonesia

Festival Batik Basurek Akan Hadirkan Wali Kota Se-Indonesia

InteraktifNews - Pemerintah Kota Bengkulu akan menggelar festival tahunan Batik Basurek pada 11 November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Saifudin mengatakan, pihak pemerintah Kota Bengkulu sudah mengundang seluruh wali kota Se-indonesia dan bupati Se-Provinsi Bengkulu, Kamis,  (08/11/2018)

“Tahun kemarin kita hanya mengundang duta duta besar negara sahabat dari Jakarta namun ditahun ini kita mengundang wali kota Se-Indonesia dan juga pembatik dari pekalongan” Kata Saifudin, Kamis, (08/11/2018)

Festival batik basurek ini akan di berdayakan di kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Dengan cara menampilkan model batik basureknya masing masing. Sampai dengan saat ini peserta yang sudah mendaftar festival pakaian unik sudah 600 orang. Festival terbuka dalam kategori SD, SMP, SMA, OPD, dan umum.

Batik Besurek diperkenalkan pedagang Arab dan pekerja asal India pada abad ke-17 kepada masyarakat di Bengkulu. Seiring dengan perkembangannya, seni dalam membuat motif pada kain tersebut dipadukan dengan tradisi Indonesia yang berciri khas Bengkulu.

Berdasarkan data Dinas Koperasi PPKM Kota Bengkulu, Batik Besurek mulai diproduksi para perajin sejak tahun 1988. Elly Sumiati dan Doni Roesmandai merupakan dua perajin Batik Besurek yang merupakan pelopor batik ini di Kota Bengkulu.

Reporter : Anasril Azwar
Editor : Alfridho Ade Permana