Farawell Parade Pisah Sambut Kapolda Bengkulu

Kapolda Bengkulu

Pejabat Baru Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Agung Wicaksono, M.Si saat sambutannya dalam upacara farewell parade. Kamis, 30 Desember 2021. Foto/Dok

Interaktif News – Kepolisian Daerah Bengkulu menggelar tradisi farewell parade dalam rangka penyambutan dan pelepasan Kapolda Bengkulu yang lama dan baru yakni dari Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si kepada Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si.

Seperti diketahui Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si resmi dilantik Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Bengkulu mengantikan Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si di Rupatama Mabes Polri, Rabu (29/12).

Upacara farewell parade Kapolda Bengkulu, perpindahan tongkat komando dan penyerahan parakan waspada Jananuraga dilaksanakan di lapangan Rekonfu Polda Bengkulu, Kamis (30/12/2021). 

Diawali dengan penyambutan Kapolda Bengkulu yang baru, Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si oleh Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H dengan tarian adat Bengkulu yang diiringi alat musik tradisional Dol yang dilanjutkan dengan Jajaran Hormat dan Pejabat Utama Polda Bengkulu.

Mengawali tugas sebagai Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si mengharapkan kinerja anggota untuk ditingkatkan sebagai wujud hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat.

Ia berpesan kepada anggota  untuk selalu bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa,
Jaga nama baik institusi Polri, Utamakan keselamatan dalam setiap pelaksanaan tugas, Jaga sinergitas dan soliditas antara TNI-Polrii serta instansi terkait.

Jadilah sosok polisi yang profesional, humanis serta menjadi Problem Solving di tengah masyarakat dan ciptakan situasi kamtibmas yang akan dan kondusif dalam rangka Tahun Baru 2022 dan tetap laksanakan dan patuhi protokol kesehatan Covid-19 demi menjaga keselamatan kita bersama.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono, M.Si  juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si atas dedikasinya pada Polda Bengkulu dan nantinya program-program terobosan yang telah beliau lakukan akan terus dilanjutkan dan dikembangkan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Irjen Pol. Guntur Setyanto, M.Si dan selamat memasuki masa purna bakti,” ucapnya.

Sementara dalam sambutannya Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si menyatakan kebanggaannya telah menjadi bagian dari Polda Bengkulu, Kepada Kapolda Bengkulu yang baru ia menitipkan prajurit-prajurit Bhayangkara terbaik Polda Bengkulu 

Dirinya mengatakan karena loyalitas seluruh personel Polda Bengkulu sehingga situasi Kamtibmas di Provinsi Bengkulu menjadi aman dan kondusif serta kesiapsiagaan personil pada masa ini kasus positif Covid 19 di provinsi Bengkulu dapat dikendalikan dengan baik.

“Maka dalam kesempatan ini, atas nama pribadi dan keluarga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, selanjutnya izinkanlah saya mohon doa restu untuk melanjutkan pengabdian melalui nilai-nilai budaya di tengah-tengah masyarakat,” ujar Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto.

Farawel Parade kata Guntur memiliki arti mendalam tentang pertemuan dan perpisahan, yang awalnya tak mengenal menjadi memori yang sukar untuk dilupakan, memberikan gambaran bagaimana rasa kekeluargaan itu dilahirkan.

“Hingga akhirnya tiba waktu perpisahan, maka izinkanlah saya untuk menapaki gerbang kehidupan masa depan bersama keluarga tercinta,” sampainya.

Editor: Alfridho AP