Erwin dan Yayan Diprediksi Bakal Pecah Kongsi di Pilkada Seluma 2024

seluma

Pemberian kalung bunga disertai tarian daerah kepada pasangan Erwin-Yayan yang didaulat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seluma periode 2019-2024, Foto: Dok

Interaktif News – Kandidat para calon Bupati Seluma belakangan terakhir mulai bermunculan. Mereka akan bertarung dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Seluma pada November 2024 mendatang. Dua kandidat sudah dipastikan maju sebagai Balon Bupati Seluma yaitu Teddy Rahman dan petahana Erwin Octavian.

Sementara, Wakil Bupati aktif saat ini, Gustianto atau akrab disapa Yayan direncanakan juga bakal ikut pilkada seluma. Hal itu Ia ungkapkan jika masyarakat mendukung pencalonannya, maka sangat memungkinkan dirinya presensi kembali dalam pertarungan Pilkada di 2024 ini.

"Dalam waktu dekat saya juga akan mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati seluma. Sebenarnya hal tersebut merupakan dorongan dari simpatisan yang meminta untuk kembali maju di Pilkada 2024 ini," ungkap Gustianto, Senin (29/4/2024).

Kendati demikian, Gustianto hingga saat ini belum memberikan tanda-tanda akan berlabuh bersama siapa, apakah bersama Erwin Octavian kembali atau berpasangan dengan Teddy Rahman. Gustianto saat ini justru tengah fokus mempersiapkan keberangkatan dirinya untuk menunaikan ibadah haji bersama sang istri.

"Insyaallah bulan depan saya akan berangkat haji, sembari mencari petunjuk juga di tanah suci apakah kembali maju dalam Pilkada. Jika iya dengan siapa akan berpasangan nantinya, semoga mendapatkan petunjuk disana," ujarnya.

Gustianto menyebut sejauh ini belum mendapat restu sepenuhnya dari keluarga terkait pencalonan dirinya pada pilkada 2024 ini. Ia pun belum memastikan pencalonan dirinya sebelum melalui tahapan musyawarah bersama keluarga.

"Intinya, tidak atau maju nantinya akan kita rembukan dahulu dengan keluarga," kata dia.

Open House Terpisah dan Kemunculan Erjon

Beberapa waktu lalu sempat dikabarkan bahwa Bupati Erwin dan Wabup Gustianto menggelar open house ditempat terpisah. Bupati di gedung daerah sedangkan Wabup di rumah dinasnya. Keadaan ini mengisukan keduanya menjadi kurang harmonis. Apalagi Ketidakharmonisan itu tampak setelah Gustianto disinggung akan kembali maju berpasangan dengan Erwin.

Disisi lain dari keterangan salah seorang sumber mengatakan bahwa Wabup Gustianto diduga sedikit tersinggung dengan isu yang berkembang terkait duet Erwin dan Jonaidi atau disingkat Erjon. “Hal ini yang membuat keharmonisan mereka kian merenggang,” kata sumber.

Erjon digadang-gadang bakal menjadi pasangan Erwin Octavian di ajang Pilkada 2024, namun hal tersebut baru sekedar isu yang berkembang sementara saat ini baru memasuki tahapan penjajakan partai politik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Seluma 2024.

Sebelumnya Erwin sudah menyatakan sikap mencalonkan diri kembali sebagai Balon Bupati Seluma 2024. Kepastian Erwin maju setelah dirinya menyerahkan formulir dan kelengkapan persyaratan ke PAN dan Gelora pada Sabtu, 24 April lalu.

Begitu pun saat ditanyakan niatnya untuk berpasangan dengan Gustianto. Ia masih enggan menjawab dan belum memastikan secara pasti apakah dirinya bakal kembali berpasangan seperti di Pilkada 2019 (Erwin-Yayan) lalu atau menjadi kebenaran atas isu yang berkembang saat ini.

Reporter: Deni Aliansyah Putra