Eksistensi Jurnalisme Online Dalam Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 Memperkuat Eksistensi Jurnalisme Online

Zaman now semua harus serba cepat, itu merupakan peluang bagi para jurnalis karena penyebaran berita pastinya lebih cepat. Berita akan lebih bernilai ketika sudah disebarkan sehingga jurnalis sekarang ini perlu meningkatkan aktualitasnya supaya tidak ketinggalan zaman beritanya (up to date).

Internet of Things (IoT) mempercepat bergulirnya revolusi industri jilid 4.0 ini sangat terlihat sekali berubahnya format kehidupan manusia hari ini, termasuk dunia jurnalis.

Efek Revolusi Industri 4.0 yang digerakkan  oleh Internet of Things (IoT)  secara online melahirkan Jurnalisme Online, dewasa ini jurnalispun bisa “solo karir”. Sumberdaya di internet menyediakan ruang yang sangat luas untuk setiap orang menjadi jurnalis, mungkin bahasa yang lebih agak keren “jurnalis independen. Contohnya setiap orang bisa dengan sangat bebas membuat portal webside dan diisi informasi dengan sesuka hati. Apapun bisa ditulis di webside pribadi tersebut.

Kelebihan Jurnalistik ala Media online:

1.    Mampu menyajikan berita dan informasi dalam waktu yang sangat cepat

2.    Aktual, real time. Berita bisa langsung dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung. Karakter ini juga dimiliki media TV dan radio,    namun kelebihan media online adalah mekanisme publikasi real time itu lebih leluasa, tanpa dibatasi periodisasi dan jadwal terbit atau jadwal siaran (program). Kapan dan di mana saja, maka wartawan media online mampu mempublikasikan berita.

3.    Leluasa dengan jadwal. Bisa diterbitkan dari mana saja dan kapan saja

4.    Berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah. Media online bisa menerbitkan dan mengarsip artikel-artikel untuk dapat dilihat kapan saja.
5.    Multimedia. Media online dapat menyajikan informasi lebih kaya ketimbang jurnalisme tradisional, yaitu bisa menggabungkan tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio-visual (film, video) dalam satu kesatuan.

6.    Memberi pilihan pada publik untuk memberi tanggapan, berinteraksi, atau bahkan meng-customize (menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan publik bersangkutan) terhadap berita-berita tertentu (interactivity).

7.    Kaya informasi. Media online bisa menyiarkan informasi dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan dan sangat pendek. Pengelola media online sangat mungkin meng-upload atau posting informasi terbaru kapan saja dan sebanyak-banyaknya tanpa batasan halaman atau durasi.

Mengapa jurnalisme online memegang peranan penting dalam perkembangan media massa saat ini?

a. Jurnalisme online membawa nilai egaliter.

Setiap individu bebas merealisasikan sumber dayanya dari mengerahkan segala potensinya untuk menggapai semua bagian dalam menentukan jalan yang disenangi. Setiap individu bebas memanfaatkan peluang berkomunikasi dengan siapa saja untuk mewarisi peradaban dunia dengan bebas dan mengaktualisasikan dirinya.

b. Jurnalisme online membawa nilai liberal.

Dalam jurnalisme online sangat menjunjung tinggi adanya kebebasan berpendapat serta berkumpul dan berserikat. Menurut paham liberal, ini merupakan kebebasan asasi yang dimiliki oleh setiap manusia. Selain itu posisi antara masyarakat dan negara adalah setara, dalam artian bahwa negara tidak boleh mencampuri urusan atau kehidupan masyarakat.

Keuntungan (Karakteristik) Jurnalisme Online

Seperti tertulis dalam buku Online Journalism. Principles and Practices of News for The Web (Holcomb Hathaway Publishers, 2005), ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari jurnalisme online:

Audience Control. Jurnalisme online memungkinkan audience untuk bisa lebih leluasa dalam memilih berita yang ingin didapatkannya

Nonlienarity. Jurnalisme online memungkinkan setiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri sehingga audience tidak harus membaca secara berurutan untuk memahami

Storage and retrieval. Online jurnalisme memungkinkan berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah oleh audience

Unlimited Space. Jurnalisme online memungkinkan jumlah berita yang disampaikan/ ditayangkan kepada audience dapat menjadi jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.

Immediacy. Jurnalisme online memungkinkan informasi dapat disampaikan secara cepat dan langsung kepada audience

Multimedia Capability. Jurnalisme online memungkinkan bagi tim redaksi untuk menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya di dalam berita yang akan diterima oleh audience

Interactivity. Jurnalisme online memungkinkan adanya peningkatan partisipasi audience dalam setiap berita.

Dari berbagai sumber

Penulis: Freddy Watania
Editor: Freddy Watania