Dukung Ketahanan Pangan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim di Seluma

BMKG Bengkulu

Sekolah Alam Iklim BMKG di Desa Sari Mulyo Seluma, Rabu, 24 Agustus 2022, Foto: Dok

Interaktif News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu selenggarakan Sekolah lapang Iklim di desa Dari Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan BMKG terhadap program ketahanan pangan nasional.

Bersamaan dengan itu pula, turut digelar panen raya bersama Bupati Seluma Erwin , SE dan petani warga setempat. 

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial, Dandim 0425 Seluma Letkol Inf. Syafrinaldi SE, Camat Sukaraja, Kepala Desa Sari Mulyo dan warga setempat. 

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Johannes Apoh Damanik mengatakan, Sekolah Lapang Iklim merupakan bentuk kerjasama BMKG dengan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma sebagai bentuk pembinaan terhadap para petani padi.

"Tujuan diselenggarakan kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan produktifitas pertanian, khususnya petani padi di Kabupaten Seluma" ujar Johannes

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta 45 laki-laki dan 5 perempuan yang berasal dari kelompok tani Karya Mukti, Selasa 23 Agustus, 2022.

Bupati seluma Erwin Octavian SE, mengatakan, melalui sekolah lapang iklim ini nantinya bisa meningkatkan ilmu pengetahuan petani dan keterampilan untuk menyesuaikan iklim pada saat bertani .

Harapanya setelah mengikuti kegiatan para petani dapat membaca situasi informasi iklim ekstrem dan bisa membantu petani untuk produktif dalam hasil pertaniannya.

"Semoga dengan diselenggarakan sekolah lapang iklim bisa bermanfaat untuk petani membaca situasi iklim yang ekstrim, dengan itu bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian," terang Bupati Seluma

Reporter: Deni Aliansyah Putra