DPRD BU Gelar Rapat Paripurna Agenda Penyampaian Raperda LKPj Bupati

dprd bu

Rapat paripurna DPRD Bengkulu Utara, Foto: Dok

Interaktif News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Raperda LKPJ, di ruang rapat paripurna DPRD, Selasa (23/4/2024).

Terkait Nota Raperda LKPj APBD, Wakil Bupati Arie Septia Adinata menerangkan dalam APBD 2023, Pemkab Bengkulu Utara sudah tuntas melaksanakan pembangunan. Target pendapatan daerah pada tahun 2023 juga tercapai melebihi target dengan total pendapatan Rp1,3 triliun.

“Dana tersebut sudah dibahas dengan DPRD dan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan daerah yang tertuang dalam APBD,” kata Wabup Arie.

Wabup menjelaskan dalam pelaksanaan APBD, DPRD terus melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap semua program yang menjadi target pembangunan prioritas daerah.

dprd bu

Bahkan, kata Arie target tersebut sudah terlaksana dengan baik, termasuk pembangunan fisik seperti jalan, irigasi dan kondisi infrastruktur lain di wilayah Bengkulu Utara.

“Untuk pembangunan fisik memang menjadi catatan prioritas pembangunan di Bengkulu Utara,”ujarnya.

Arie menjelaskan sepanjang tahun 2023 lalu juga terjadi penurunan stunting pada angka kemiskinan. Meskipun sepanjang 2023 lalu angka inflasi nasional meningkat secara nasional, namun penurunan angka kemiskinan terus bergerak di Bengkulu Utara.

“Angka inflasi masih bisa dikendalikan dan justru yang terjadi disini malah menurun angka kemiskinan. Hal ini menunjukkan konsistensi kinerja pemerintah dalam memerangi kemiskinan serta dukungan dewan yang berjalan sangat baik,” terangnya.

sonti bakara

Di akhir kesempatan itu, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Bengkulu Utara yang sudah bekerjasama dengan Pemkab dalam 10 tahun kepemimpinannya bersama Bupati Mian.

“Saya ucapkan terima kasih pada DPRD Bengkulu Utara yang sudah 10 tahun bekerjasama membangun Kabupaten Bengkulu Utara mendampingi saya dan Pak Bupati,” ujarnya mengakhiri.

Sementara, Ketua DPRD Bengkulu Utara Sonti Bakara menerangkan DPRD Bengkulu Utara juga langsung melakukan rapat internal terkait pembahasan nota raperda tersebut. Ia menyebut pihaknya akan melakukan pembahasan secara mendetail terkait pelaksanaan APBD di masing-masing OPD.

“Kami (Dewan) setelah ini akan membahas secara mendetail pelaksanaan APBD di masing-masing OPD terutama pelaksanaan program prioritas pembangunan daerah,” ungkap Ketua DPRD.

dprd bu

Menurut dia meskipun secara umum pembangunan 2023 berlangsung baik, ia memastikan dewan akan mendampingi masing-masing kinerja masing-masing OPD.

“Tentunya keinginan kita apa yang menjadi permasalahan atau kinerja OPD yang belum maksimal 2023 akan kita maksimalkan di tahun 2024. Sehingga pembangunan-pembangunan terselesaikan dengan baik,” sampainya. [Adv]

Reporter: Repi Pratomo