DPMD Mukomuko Gelar FGD Pilkades Serentak

DPMD Kabupaten Mukomuko

Focus Group Disscusion Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang 3 di kabupaten Mukomuko tahun 2021. Rabu, 22 September 2021. Foto/Dok: Sutrimo

Interaktif News – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko bekerjasama dengan Polres Mukomuko menggelar Focus Group Disscusion (FGD) pemilihan kepala desa serentak gelombang 3 pada masa pandemi Covid-19 di kabupaten Mukomuko tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Tirta Mulya Kecamatan Air Manjunto Kabupaten Mukomuko pada Rabu, (22/09) mengangkat tema” Tingkatkan solidaritas dan transparansi serta bebas intervensi dalam setiap tahapan antara panitia, BPD, Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Turut dihadiri Wakil Bupati Mukomuko, Asisten I Setda Mukomuko, Kapolres Mukomuko, Kodim 0428, Dinas DPMD, Camat Lubuk Pinang, Camat XIV Koto , Camat Air Manjunto dan panitia Pilkades tiga kecamatan.

Kepala DPMD Kabupaten Mukomuko Gianto mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk berdiskusi tentang kesiapan menjelang pemilihan kepala desa serentak, selain itu untuk memberikan bekal bagi panitia pilkades agar tahapan nya berjalan dengan lancar dan sesuai aturan.

" Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, panitia pilkades dapat netral dan pegang aturan sesuai arahan dari pusat maupun daerah, dan meminta agar pelaksanaannya nanti tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab kita masih dilanda pandemi Covid-19,” ujar Gianto.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Mukomuko Wasri juga meminta agar panitia pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Mukomuko tahun 2021 dapat melaksanakan tugas dengan baik dan profesional.

Adapun pelaksanaan pemilihan calon kepala desa serentak di tiga kecamatan tersebut yaitu, kecamatan Air Manjuto meliputi 4 Desa, yakni Desa Sinar Jaya dengan  3 Cakades, Desa Agung Jaya 4 Cakades, Desa Kota Praja 7 Cakades dan Desa Tirta Mulya 3 Cakades.

Kemudian, Kecamatan Lubuk Pinang yaitu, 2 Desa yang menyelenggarakan pemilihan Cakades, Desa Ranah Karya 4 Cakades, Desa Arah Tiga 6 Cakades.

Dan di Kecamatan XIV Koto Dua Desa yang menyelenggarakan pilihan Cakades, Desa Rawa Bangun 5 Cakades, Desa Dusun Baru Pelokan sebanyak 6 Cakades.

Reporter: Sutrimo