Diresmikan MenPAN-RB, MPP Kota Bengkulu Siap Menuju Layanan Digital

MPP Kota Bengkulu

Menteri Pan RB Azwar Anas saat konferensi pers usai peresmian MPP. Kamis, 16 Maret 2023. Foto/Dok: Irfan Arief

Interaktif News - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bengkulu secara resmi diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Kamis (16/3/2023).

Peresmian MPP Kota Bengkulu oleh Menpan RB, juga bebarengan dengan MPP Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Lebong dilokasi yang sama.

Acara peresmian gedung MPP milik kota Bengkulu ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama oleh Menteri PANRB, diikuti Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Bupati Lebong Kopli Ansori,dan Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni.

Turut dihadiri Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah, para Deputi, Staf Ahli, Staf Khusus Menteri PANRB, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Sekda Kota Bengkulu Arif Gunadi, jajaran Forkopimda Provinsi Bengkulu, Forkopimda Kota Bengkulu, para asisten, staf ahli walikota, Kepala Dinas DPMPTSP Kota Bengkulu Irsan Setiawan serta kepala OPD lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB mengatakan bahwa, kehadiran MPP menjadi simbol baru dalam rangka memajukan Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Lebong. 

MPP ini kata dia, dinilai dapat menjadi fast track dalam mewujudkan reformasi birokrasi berdampak. Dirinya pun berharap keberadan MPP ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar semuanya menjadi lebih mudah dan cepat. serta harus memberi dampak, salah satunya adalah peningkatan ekonomi warga sekitar.

Menteri PANRB juga berpesan, agar tiga MPP di Bumi Rafflesia ini mengakomodir layanan sesuai dengan potensinya daerah, termasuk beradaptasi dengan teknologi digital.

“Sejalan dengan upaya mendorong MPP hadir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, kami juga mendorong terbangunnya sistem pelayanan berbasis digital. MPP ini gedung, bukan tujuan. Tujuannya adalah untuk mempermudah layanan,” ujarnya.

Menteri PANRB menuturkan bahwa, tiga MPP di Provinsi Bengkulu ini menjadi MPP yang ke 113, 114 dan 115 di Indonesia. Ia berharap ke depan bisa menjadi contoh dan MPP yang sudah diresmikan ini bisa berinovasi lagi menjadi MPP digital.

“Kehadiran MPP di daerah-daerah ini diharapkan bisa mendongkrak kemudahan perizinan dan akses pelayanan terpadu, sehingga dapat meningkatkan investasi serta pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan pariwisata, sekaligus pelestarian budaya,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Menteri PANRB yang telah menyempatkan waktu untuk datang meresmikan MPP Kota Bengkulu.

“Terima kasih kepada MenpanRB sehingga MPP ini bisa berdiri dan bisa melayani masyarakat sesuai tekad Kota Bengkulu, menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakatnya,” ucap Walikota Helmi.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Kota Bengkulu Irsan Setiawan menjelaskan bahwa, MPP Kota Bengkulu saat ini sudah sangat lengkap. Menyediakan 109 jenis layanan dari 21 instansi.

“Apa pun keperluan masyarakat, sekarang cukup datang ke sini (MPP). Semua gerai OPD maupun instansi lain yang ada di sini siap melayani. BPJS gratis juga bisa selesai di tempat. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh, langsung menuju ke satu tempat, satu pintu,” kata Irsan.

Pihaknya kata Irsan, juga akan terus memaksimalkan pelayanan yang ada di MPP Kota Bengkulu, serta mempersiapkan diri untuk menuju pelayanan berbasis digital kedepannya.

“Peresmian ini sebagai langkah awal kita untuk terus meningkatkan layanan yang ada di MPP, memaksimalkan layanan, sambil menyiapkan layanan digital. Kita sangat berharap pelayanan nanti semuanya digital, sehingga tidak ada lagi pihak yang bisa membuat orang tercela dalam rangka pelayanan publik di kota Bengkulu ini,” pungkasnya.

Editor: Alfridho Ade Permana