Didampingi Anggota Dewan, DKP Provinsi Bengkulu Serahkan Bantuan Bioflok untuk Nelayan Pemula

Usin Sembiring

Usin Abdisyah Putra Sembiring saat mengisi pembekalan, Foto: Dok

Interaktif News - Angggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring menyalurkan bantuan bioflok kepada pembudidaya ikan pemula warga Kota Bengkulu. Penyerahan bantuan secara simbolis itu juga diisi dengan pembekalan singkat tentang budidaya ikan dengan bioflok, Rabu, (04/01/23)

Dijelaskan Usin, bioflok adalah salah satu teknologi budidaya ikan dengan memanfaatkan rekayasa lingkungan. Cara kerjanya mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.

Teknik ini populer di kalangan peternak lele dan nilai karena mampu menggenjot produktivitas panen yang lebih tinggi. Selain itu, metode bioflok juga menekan penggunaan lahan menjadi tidak terlalu luas dan hemat air.

“Bioflok ini bisa menjadi solusi paling efektif untuk pembudidaya ikan, terutama bagi teman-teman pemula yang baru ingin melakukan usaha budidaya” tutur Usin.

Lanjut Usin, bantuan bioflok secara khusus diperuntukan bagi pembudidaya pemula atau pelaku usaha yang masih berskala kecil. Tujuannya agar pertumbuhan ekonomi merata terutama perekonomian masyarakat yang bergerak di sektor perikanan.

”Ini adalah langkah kecil namun saya sebagai wakil rakyat tentu berharap agar program ini berdampak bagi peningkatan ekonomi rakyat, membangun ketahanan pangan, dan finisnya tentu kesejajahteraan masyarakat” kata Usin. 

Selain sektor budidaya, politisi Hanura ini juga mendorong pengembangan sektor hilir usaha perikanan yaitu pengembangan usaha ikan olahan. Pengembangan budidaya perikanan harus lebih komprehensif sehingga mampu menjadi sektor andalan pertumbuhan ekonomi.
 
”Kami akan dorong usaha perikanan ini secara lebih sistematis, dari hulu hingga ke hilir. Seluruh pelaku usaha harus terdaftar agar lebih mudah mengakses bantuan pemerintah. Sektor hilir kita akan mendorong pengembangan ikan olahan yang mana pasarnya masih terbuka luas. Ini juga sinkron dengan marketplace UMK Bengkulu yang baru saja kita launching kemaren” jelas Usin.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi mengatakan, bantuan bioflok merupakan bantuan yang diberikan Pemprov Bengkulu guna mendukung program pemberdayaan nelayan pemula di Provinsi Bengkulu. Bioflok merupakan usulan dari anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Sembirng yang diakomodir dalam anggaran DKP Provinsi Bengkulu Tahun 2023.

"Program ini sangat penting dan dibutuhkan masyarakat terutama nelayan pemula. Bantuan ini berdasarkan aspirasi dari masyarakat terutama warga Kota Bengkulu yang disampaikan langsung ke Bapak Usin Sembiring dan alhamdulilah bantuan bisa kita akomodir tahun ini" kata Syafriandi.

Ia berharap bantuan Bioflok yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar sektor perikanan darat khususnya di wilayah Kota Bengkulu terus berkembang. "Melalui program ini kita ingin mendorong sektor perikanan darat semkain berkembang, ekonomi Bengkulu terus tumbuh" kata Syafriandi.

Editor: Iman SP Noya