Dewan Minta Dinas PUPR Terus Tinjau Pengerjaan Proyek Jalan

Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca

Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca saat diwawancara. Selasa 8 November 2022. Foto/Dok: Deni Putra

Interaktif News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma meminta Dinas PUPR Seluma untuk terus meninjau pengerjaan proyek pembangunan jalan yang sedang berjalan agar mutu dan kualitas hasil pekerjaan bidang infrastruktur tersebut sesuai dengan spesifikasi, dan tak asal jadi. Sehingga hasilnya bisa dinikmati lama oleh masyarakat.

Dikatakan Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca bahwa pihaknya telah menerima beberapa kali laporan dari masyarakat terkait pengerjaan proyek jalan di Kecamatan Lubuk Sandi, yakni ruas jalan di Desa Napal Jungur dan jalan Cawang, yang telah selesai pekerjaan namun sudah kembali rusak dan berlubang.

"Kita telah dapatkan laporan-laporan dari masyarakat, khususnya di Kecamatan Lubuk Sandi, perihal itu sudah kita sampaikan terus kepada TAPD dan kita sampaikan di pandangan umum fraksi terkait jalan-jalan kabupaten di wilayah tersebut, agar tahun depan bisa diperbaiki dan dibangun," kata Nofi saat diwawancara, Selasa  (8/11) kemarin.

Atas hal ini, Ia harap Bupati Seluma Erwin Oktavian bisa mengakomodir beberapa titik jalan di Kecamatan Lubuk Sandi tersebut yang rusak parah, dan salah satunya itu ruas jalan menuju Desa Napal Jungur yang hampir habis di bagian badan jalan akibat pasca bencana alam beberapa waktu lalu.

"Kami harap pak Bupati bisa akomodir untuk pembangunan ruas jalan penghubung antara tujuh desa di kecamatan lubuk sandi ini," ujar Nofi.

Selain itu, Nofi juga telah mendapatkan laporan-laporan dan salah satunya itu jalan Desa Lubuk Terentang yang pada saat ini masih dalam tahap pengerjaan pembangunan jalan lapisan Kontruksi (Lapen) yang terkesan asal jadi.

"Informasi yang kita dapatkan sudah diperbaiki, setelah dikoordinasikan dengan pihak PUPR Seluma, Namun ada beberapa catatan untuk Dinas PUPR dikarenakan bukan hanya di Lubuk Terentang, tetapi juga di desa Cawang yang jalanya kembali lagi rusak,"tutur Nofi.

Lanjut Nofi, Desa Cawang itu telah menjadi catatan dan harusnya menjadi perhatian khusus untuk Dinas PUPR Seluma selaku OPD teknis untuk turun kelapangan langsung meninjau kegiatan Pembangunan jalan dengan Kontruksi lapisan penetrasi (Lapen) yang ada di beberapa titik di Kabupaten Seluma.

"Dinas PUPR Seluma selaku tim teknis harus meninjau langsung pengerjaan jalan tersebut, dikarenakan sudah banyak laporan dari masyarakat salah satunya jalan desa Cawang, yang saat ini sudah kembali rusak parah," sambung Nofi.

Lebih lanjut disampaikan Nofi, tim teknis Dinas PUPR Seluma harus terus meninjau pengerjaan dilapangan, hal ini untuk memastikan kualitas pekerjaan baik dan bermutu.

"Sering terjadi itu di hilir masih dalam pengerjaan, sedangkan mengangkut materialnya ke hulu melalui jalan masih di kerjakan, dan itu membuat jalan kembali lagi rusak, teknis PU harusnya terus melakukan tinjauan kembali terkait kegiatan - kegiatan pembangunan jalan tersebut," pungkasnya.

Reporter: Deni Putra Aliasnyah
Editor: Alfridho Ade Permana