Dewan Imbau Pemprov Maksimalkan Fungsi Balai Benih

mohd gustiadi

Interaktif News – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Mohd Gustiadi mengimbau Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memaksimalkan fungsi Balai Benih dalam upaya mencukupi kebutuhan bibit di Bengkulu.

Menurut dia, langkah tersebut menjadi ini penting untuk mendukung peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan di wilayah provinsi bengkulu.

Ia menilai, saat ini fungsi dari balai bibit belum maksimal, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk kedepan. Hal ini lantaran ,menurutnya balai benih memilik peran strategis dalam menyediakan bibit unggul bagi petani.

“Seharusnya balai benih itu berupaya untuk menciptakan sesuatu penelitian baru, misal penelitian mengenai adaptasi bibit di suatu wilayah. Kalau ini digencarkan , setiap daerah juga akan tau bibit apa yang cocok dan kebutuhan bibit terpenuhi “ ungkap Politisi Gerindra ini.

bbi

Edi tiger turut mengungkakan bahwa peningkatan kualitas bibit yang dihasilkan oleh Balai Benih harus diperhatikan. Bibit berkualitas akan berdampak positif pada produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Untuk itu ia menyarankan dan mengajak Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk melakukan sinergi dengan berbagai pihak terkait, seperti perguruan tinggi, guna meningkatkan kualitas dan ketersediaan bibit unggul di Bengkulu.

“Penelitian seperti itu harus digencarkan, kita juga bisa makai anak-anak pertanian UNIB kan. Tapi kalau stagnan disitu situ saja, ya bakal seperti ini terus,“ tambahnya. [Adv]