Desa Magelang Lebong Gelar Musdes, Fokus Realisasikan Aspirasi Warga

Musdes Desa Magelang Lebong

Foto bersama usai Musdes Desa Magelang, Rabu, 18 Oktober 2022, Foto: Dok

Interaktif News – BPD Desa Magelang, Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023, Rabu, (18/10/22)

Acara dibuka langsung Ketua BPD Magelang Irsan dan dihadiri Sekcam Lebong Sakti Devi Lesmana Ningsih, Kepala Desa Magelang Hendri Witarsi, Tim Monitoring, Anggota BPD Magelang, Perangkat Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Lokal Desa, Kepala KUA, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Karang Taruna, Kelompok Tani serta masyarakat setempat. 

Ketua BPD Magelang Irsan menyampaikan, terdapat beberapa poin aspirasi warga yang telah disampaikan ke BPD diantaranya pembangunan bidang ekonomi, kepemudaan dalam bidang akademik dan nonakademik, pemetaan serta mengembangkan produk unggulan desa. 

“Aspirasi ini sejalan dengan perkembangan zaman, membentuk anak muda paham agama sejak dini, pembangunan sarana prasana yang mendukung ekonomi desa, mengoptimalkan aset desa. Harapan kami selaku BPD aspirasi yang disampaikan ini dapat diterima dan dilaksanakan" kata Irsan.

Kepala Desa Magelang Hendri Witarsi dalam laporannya mengatakan, penggunaan Dana Desa (DD) selama 9 bulan berjalan di tahun 2022 telah sesuai dengan perencanaan. DD antaralain digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40 persen, Ketahanan Pangan 20 persen, dan 8 persen dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

“Sementara BLT sudah berjalan 9 bulan, ketahanan pangan sudah berjalan 100 persen terealisasi, fisik irigasi di dusun II sudah selesai 100 persen, dana covid baru terealisasikan 2 persen. Sisanya akan direalisasikan di tahap lll" kata kades.

Sementara itu, Sekcam Lebong Sakti Devi Lesmana Nengsi dalam sambutannya menyarankan agar pembangunan tidak hanya fokus pada kebutuhan fisik saja namun diimbangi dengan pembungunan nonofisik. Salah satu yang ia contohkan kegiatan pelatihan untuk petugas posyandu.

"Terus tolong diperhatikan keluhan masyarakat mengenai pembuangan air limbah karena untuk limbah pembuangan air itu belum ada. Selama ini dibuang ke kolam yang sekarang sudah digunakan oleh pemilik. Jadi itu tolong diperhatikan dan untuk masyarakat yang hadir hari ini, sampaikan lah semua aspirasinya disini" ucap Devi.

Musdes kemudian diakhiri dengan penandatangan Berita Acara RKPDes Tahun 2023. Adapun rencana pembangunan yang telah disepakati yaitu; pembangunan irigasi, pembangunan air bersih sampai ke rumah warga, JUT, sarana belajar mengajar PAUD/TK dan TPA, alat bermain TK, meubeler PAUD/TK, TPA dan pengadaan seragam Risma.

Reporter: Maya Fitria Sari
Editor: Alfridho Ade Permana