Cara Memilih Laptop Gaming yang Wajib Anda Tahu Sebelum Beli

Laptop Gaming

Kini, trend laptop gaming semakin banyak disenangi. Hal tersebut dapat diketahui dengan semakin banyaknya produsen laptop memberikan seri laptop gaming dengan seri khusus. Tidak hanya itu, banyak sekali berbagai jenis turnamen game diselenggarakan. Tentunya, peranan media sosial juga dianggap berpengaruh dalam semakin pesatnya pemakaian laptop gaming.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Laptop Gaming
Nah, bagi Anda yang ingin memilih laptop gaming sebenarnya tidak perlu terlalu bimbang lantaran pemakaian laptop untuk gaming telah memiliki ciri khusus baik spesifikasi maupun tampilannya.

Namun, pastikan selalu kondisi laptop sebelum membeli dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kebutuhan Dana alias Budget

Pastikan sebelum Anda membeli laptop gaming, hal utama yang perlu dipersiapkan adalah ketersediaan dana lebih dulu.

 Perlu Anda ketahui spesifikasi laptop untuk bermain game memiliki spesifikasi tinggi hingga mencapai 10 jutaan ke atas.

Apabila Anda hanya mempunyai dana sekitar 10 juta ke bawah, pastikan Anda menabung lebih dulu.

Jika Anda tidak mempersalahkan kebutuhan dana untuk membeli laptop gaming. Maka poin tersebut dianggap tidak perlu Anda perhatikan.

Tentu saja lantaran Anda dapat menentukan pilihan jenis laptop gaming berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa memperhitungkan harga.

 2. Perhatikan Jenis VGA

Cara memilih laptop gaming paling tepat yakni, melihat jenis VGA yang digunakan alias kartu grafis. Pada poin ini sebaiknya Anda dapat memfokuskan diri pada teknologi VGA pada seri VGA.

Jangan terlalu fokus pada VRAM atau memori VGA. Meskipun VRAM memiliki fungsi penting. Namun, VRAM lebih berpengaruh pada desainer grafis bukan gaming.
 
Kemudian, Anda perlu memperhatikan nomor seri generasi VGA. Apabila Anda memilih NVIDIA GeForce 920M. Angka 9 merupakan angka yang menunjukkan generasi VGA yang dikembangkan.

Berbarti 920M adalah generasi ke-9. Dua angka terakhir yakni, 20 menunjukkan  semacam skor dengan performanya.

Untuk memperoleh kinerja gaming yang baik, Anda dapat mempertimbangkan dua digit angka terakhir pada produk VGA. Tentunya, akan menjadi lebih baik jika Anda menentukan pilihan VGA berteknologi terbaru dan mempunyai skor tinggi.

3. Pemakaian Processor

Ketika Anda membeli produk laptop gaming, terkadang prosesor seringkali tidak terlalu penting. Tentu sangat wajar, hanya saja perlu Anda ketahui bahwa prosesor sekarang mempunyai peran penting di dalam mendukung permainan game. Lalu kenapa?

 Hal itu karena prosesor sekarang telah mempunyai grafis yang terhubung sendiri, contohnya, prosesor APU Ryzen untuk laptop AMD yang sudah dikembangkan.

Prosesor yang mempunyai grafis yang terhubung, tentunya dapat bekerja secara bergantian dengan memakai kartu grafis pada laptop. Misalnya, bermain game, kartu grafis dapat bekerja.

Namun, dalam proses pengetikan maka sistem pengolah grafis pada prosesor dapat bekerja. Sistem tersebut tentu dapat membuat laptop menjadi lebih bekerja secara efisien.

Maka dari itu, Anda perlu memilih prosesor yang mempunyai kinerja baik dan prosesor tersebut adalah generasi baru.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah tidak memilih jenis laptop untuk gaming dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat daya karena dinilai tidak optimal.

 4. RAM

Pemakaian RAM juga perlu mendapatkan perhatian sebelum Anda membeli laptop gaming. Pastikan palin sedikit RAM yang Anda pilih adalah RAM 4GB.

Pada umumnya, game bagus memerlukan tingkat spesifikasi RAM 8 GB. Maka dari itu, Anda perlu memilih laptop yang mempunyai paling kecil RAM 8 GB dan akan lebih baik memilih RAM 16 GB.

Selain beberapa hal di atas, Anda juga mempertimbangkan media penyimpanan SSD, kelengkapan banyak port, desain layar, keyboard dan ukuran layar sekaligus garansi. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli laptop gaming segera kunjungi Blibli.com. segera klaim produkmu sekarang!

Editor: Irfan Arief