Butuh SDM Handal Wujudkan Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Fachriza

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fachriza saat membuka UKW. Sabtu, 18 Maret 2023. Foto/Dok: Hakimi 

Interaktif News - Dalam mewujudkan Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, berdaya saing tinggi dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Terutama saat ini, yaitu kritis, komunikatif maupun kreatif. Sehingga sertifikat kompetensi wartawan merupakan keharusan untuk dimiliki bagi para jurnalis.

Hal ini disampaikan Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Fachriza saat membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan II dan III di gedung serbaguna (GSG) kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu (18/3/2023) kemarin. 

Pelaksanaan UKW angkatan II dan III ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Bengkulu, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu dan salah satu Universitas swasta tertua di Indonesia, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Moestopo (Beragama) HM. Saefullah mengatakan bahwa, kompetensi itu, secara etimologis,  bukan hanya keterampilan dan kemampuan bagi wartawan, tapi lebih daripada itu. 

"Kompetensi itu adalah selain profesionalisme, dalam mencari dan membangun berita yang penuh integritas, yang terpenting dia memiliki hak dan wewenang untuk mencari, meliput dan menyebarluaskan informasi," ujarnya.

Ketua SMSI Bengkulu, Wibowo Susilo dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 86 Wartawan dari berbagai daerah di provinsi Bengkulu mengikuti UKW SMSI-UPDM Angkatan II-III Tahun 2023. 

"UKW Angkatan II dan III ini diikuti 86 peserta, berdasarkan verifikasi dari Dewan pers dari 125 calon peserta yang mendaftar. 86 peserta UKW ini berasal dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. UKW juga diikuti wartawan dari berbagai media, tidak hanya dari media anggota SMSI, tapi juga dari berbagai asosiasi organisasi pers lainnya," ujar pria yang akrab disapa Bowo ini.

Ditambahkannya, Pelaksanaan UKW ini merupakan program tahunan SMSI Bengkulu dalam rangka meningkatkan kualitas wartawan dan media siber. Selain itu, UKW juga dalam rangka mendukung program Gubernur Bengkulu dalam upaya kemerdekaan pers dan peningkatan kualitas wartawan di daerah.

Turut hadir dalam pembukaan UKW tersebut, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus dan Sekjen M Natsir, Kabinda Bengkulu Zulkarnain, S.E., M.Si., Kasubdit Penmas Bid Humas Polda Bengkulu AKBP Agung, Kepala Dinas Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, Corporate Secretary Bank Bengkulu, Roby Wijaya.

Kemudian, Kasi Humas Polresta Bengkulu Iptu Nurlaila, Ketua PWI Provinsi Bengkulu Marsal Abadi, Kepala Bidang Hubungan Mediatik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu Henri S.STP, Karo SDM Polda Bengkulu, Kompol Agis, mitra SMSI, serta pengurus SMSI Bengkulu, kabupaten dan Kota.

Editor: Alfridho Ade Permana