Bupati Mukomuko Minta Kominfo Blokir Game Online

Bupati Mukomuko Sapuan

Bupati Mukomuko, Sapuan. Foto/Dok 

Interaktif News - Menindak lanjuti keluhan masyarakat Kabupaten Mukomuko terkait permainan game online dikalangan anak-anak yang menggangu proses belajar secara daring, Bupati Mukomuko, Sapuan menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. 

Bupati Sapuan meminta Kominfo agar memblokir game online PUBG, Free Fire, Mobile Legends, dan Higgs Domino serta Aplikasi sejenis game lainnya yang disediakan lewat Smartphone (HP) maupun Personal Computer (PC).

”Banyaknya orang tua yang mengeluh terkait dalam situasi wabah Virus Covid-19 sistem pembelajaran banyak menggunakan sistem dalam jaringan (Daring), dalam proses pembelajaran game online ini  mempengaruhi siswa siswi dalam proses belajar menggunakan Smartphone” ujar Bupati Sapuan, Senin, (21/06/2021). 

Dikatakan Sapuan, keberadaan game online dianggap berpotensi merusak mental generasi bangsa dan dampak negatif lainnya bagi anak seperti kesehatan. Anak lupa dengan tanggung jawabnya dalam hal pendidikan serta sisi perkembangan anak itu sendiri.

“Game online ini bisa merusak kesehatan seperti contohnya merusak mata, tentu ini juga menjadi tanggung jawab kita dan orang tua” tutur dia. 

Bupati juga berharap kepada orang tua murid dan masyarakat agar bisa menyaring konten baik dan positif karena teknologi digital juga bisa bermanfaat dan meminta kepada orang tua untuk dapat berperan aktif mengawasi, membimbing dan membatasi aktifitas anak dalam bermain smartphone. (MC Mukomuko) 

Editor: Alfridho AP