Bupati Mian Minta Kades Terpilih Selaraskan Pembangunan

Pilkades Bengkulu Utara 2022

Bupati Bengkulu Utara Mian saat melantik 183 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades Serentak Tahun 2022. Jumat, 29 Juli 2022. Foto/Dok: Repi Pratomo

Interaktif News - Bupati Bengkulu Utara, Mi’an  meminta kepada para Kepala Desa yang terpilih untuk dapat menyelaraskan pembangunan Desa dengan Pembangunan Kabupaten, sehingga hasil pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Mian didampingi Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata dalam sambutannya usai melantik 183 Kepala Desa hasil Pilkades Serentak Tahun 2022 periode 2022-2028 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1 Kecamatan Kota Arga Makmur, Jumat (29/7/2022).

Lebih lanjut disampaikan Bupati Mian, sejalan dengan berkembangnya zaman maka paradigma tentang Desa berubah sejalan dengan perkembangan zaman, Desa dipandang sebagai pondasi negara. sehingga untuk membangun negara harus lebih dahulu memperkuat pembangunan di Desa-desa.

Bupati Mian juga mengingatkan kewajiban bagi kepala desa yang baru dilantik untuk segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah Desa (RPJM Desa) yang merupakan rencana kegiatan pembangunan desa untuk jangka waktu 6 tahun. Dijelaskannya, RPJM Desa ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 3 bulan terhitung sejak Pelantikan kepala desa.

“Perencanaan pembangunan desa harus sesuai dengan Kewenangan-kewenangan desa dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten, ” ujarnya.

Selain itu sambung Bupati Mian, Pemerintah Desa juga wajib menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan desa secara partisipatif, RPJM Desa ini menjadi pedoman bagi PemDes dalam menyusun rancangan RKP desa dan daftar usulan RKP desa.

"Kepala desa yang sudah dilantik diharapkan bekerja sesuai aturan yang telah ditentukan, terutama peraturan tentang desa dan peraturan-peraturan yang ada di Pemerintah Daerah Bengkulu Utara, agar nantinya para Kades terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya," minta Bupati Mian.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mian juga menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama panitia pemilihan kepala desa, KKPS, dan seluruh panitia pelaksana pilkades se kabupaten Bengkulu Utara dan juga dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang telah sukses melaksanakan pilkades ini.

"Kami dari pemerintah kabupaten Bengkulu Utara mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia pilkades, yang telah melaksanakan mulai dari tahapan daftar pencalonan sampai pada hari ini pengangkatan sumpah jabatan kades terpilih," sampainya.

Acara pelantikan yang dimulai pukul 14.00 Wib tersebut, turut dihadiri oleh Kapolres, Dandim 0423 BU, Ketua PKK Bengkulu Utara, Ny Eko Kurnianingsih, para Asisten 1, II dan III, dan sejumlah Anggota DPRD Bengkulu Utara serta seluruh camat bersama kepala OPD di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara.

Reporter: Repi Pratomo
Editor: Alfridho Ade Permana