Bupati Erwin: Kehadiran Mentan Berikan Semangat Baru kepada Petani

Panen raya

Bupati Erwin dampingi Mentan SYL bagikan bantuan ke petani Seluma, Jumat, 10 Februari 2023, Foto: Dok

Interaktif News – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menggelar panen raya padi di Desa Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Mentan SYL sangat mengapresiasi sinergitas petani di Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma dalam meningkatkan produktivitas selama beberapa tahun terakhir.

Kemudian Mentan menuturkan, bahwa peningkatan produksi merupakan perintah langsung Presiden Jokowi dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri serta mendorong daerah dalam melakukan ekspor. Ia meminta kolaborasi dan sinergitas pemerintah dan petani harus semakin diperkuat.

“Pemerintah dan petani harus sama-sama berkolaborasi agar hasil pertanian semakin meningkatkan,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo, Jum’at 10 Febuari 2023

Mentan menjelaskan, pertanian sejauh ini adalah sektor yang paling kuat dalam menghadapi berbagai ancaman krisis global. Pertanian jugalah yang terbukti mampu menjadi penyangga ekonomi disaat dunia menghadapi krisis pandemi

“Pertanian yang paling kuat disaat sektor lainya melemah,” jelasnya.

SYL juga menambahkan, menurut data BPS pada November 2022, luas panen padi di Bengkulu pada 2022 diperkirakan 58.664 H meningkat 2.959 H (5,31%) dibandingkan luas panen padi di 2021. Produksi padi pada 2022 meningkat 19.039 ton GKG (7,02%) menjadi 290.156 ton GKG dibandingkan tahun 2021.

“Petani kita menyumbang pada kehidupan negara ini di atas 278 triliun rupiah. Ekspor kalian naik tahun kemarin ini naik 458 triliun. Berarti Bengkulu punya andil, petani punya andil,” ungkapnya.

Bupati Seluma Erwin Octavian sangat mengapresiasi kegiatan pandn raya karena dihadiri langsung Menteri Pertanian.

Ia harap, kedatangan Mentan Ri SYL dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam bertani sehingga hasil pertaniannya nanti akan lebih produktif.

Apalagi, dengan adanya edukasi pengenalan bioska dan juga pemberian alat pertanian beserta ucapan semangat langsung dari Mentan SYL. Sebab kehadiran menteri ini dapat membangkitkan semangat baru untuk petani setempat.

Selanjutnya Bupati Seluma Erwin Octavian menjelaskan bahwa Kabupaten Seluma saat ini memiliki sekitar 6,5 ribu H untuk tanaman padi dengan 2 kali masa penanaman setiap tahunnya. Petani di Seluma akhir-akhir ini juga sedang menerapkan penanaman padi organik untuk pembangunan berkelanjutan.

“Tanaman yang sudah organik, hampir 70 persen. Kemarin kita juga koordinasi dengan BMKG menanam tanaman padi dengan sistem organik, alhamdullilah di lahan ini kurang lebih sekitar 300 hektar persegi,” tegasnya

Dalam kunjungan kerjanya, mentan juga memberikan bantuan berupa benih padi, power threser, pupuk organik cair, serta hand sprayer elektrik kepada petani.

Kunjungan kerja mentan ini di dampingi langsung Wagub Bengkulu Rosjonsyah, Bupati dan Wakil Bupati Seluma. Turut hadir juga Bupati Kepahiang, Mukomuko dan Wakil Bupati Bengkulu Utara.

Reporter: Deni Aliansyah Putra