Bengkulu Selatan Raih Opini WTP dari BPK

WTP BPK

Wakil Bupati Bengkulu usai menerima penghargaan WTP dari BPK, Jumat 27 Mei 2022, Foto: Dok

Interaktif News – Berdasarkan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifa’i Tajuddin bersama dengan Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan Sukarni dan Ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli Halim di Aula Pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Bengkulu, Jum’at, (27/05).

“Capaian ini merupakan hasil kerja keras dari kinerja seluruh jajaran vertikal pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Semoga raihan ini dapat menjadi suplemen untuk pemerintah Bengkulu Selatan,” kata Ketua DPRD Barli Halim.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Inspektur Inspektorat Bengkulu Selatan Hamdan Syarbini, Sekretaris Dewan DPRD Bengkulu Selatan Nico Dwipayana dan Kepala BPKAD Bengkulu Selatan. Nuzmanto M Aidil.

Atas raihan tersebut, Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin mengaku senang, syukur dan bangga. Disampaikan Wabup, prestasi itu merupakan hasil kerja keras semua pihak dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Bumi Sekundang Setungguan.

“Terima kasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja, Pak Sekda, Inspektorat, BPKAD dan semua , atas kerja keras semua pihak, ini menjadi prestasi yang kita harapkan dari tujuh tahun yang lalu, untuk tahun kedepan kami yakin dan optimis dapat mempertahankan opini ini,” jelas Wabup dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup, dengan telah diterimanya LHP ini untuk dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman demi meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah dengan tatap patuh terhadap aturan agar pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih baik

Pemkab Bengkulu Selatan bersama DPRD juga telah berkomitmen untuk terus berbenah dalam aspek tata kelola pengelolaan keuangan dengan terus meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal.

“Kami juga mohon arahan dan bimbingan, sehingga penyelenggaraan dan tata kelola keuangan Pemerintah Bengkulu Selatan di masa yang akan datang dapat terlaksana dengan baik,” kata Wabup

Senada dengan apa yang disampaikan Wabup, Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni, SP, M.Si juga ungkapkan syukur atas raihan WTP ini, dan ini memang menjadi hasil yang memang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dilanjutkan, Sukarni bahwa dari hasil LHP dari BPK ini ada beberapa hal yang harus segera kita perbaiki dan perlu kita tingkatkan kedepan terutama yang terkait dengan kepatuhan terhadap berbagai regulasi dalam pengelolaan keuangan daerah baik itu pendapatan maupun belanja dan hal hal lainnya.

“Untuk itu ini menjadi PR kami dalam tim yang berkaitan dengan pemeriksaan keuangan  diantaranya Sekretariat Daerah, Inspektorat dan BPKAD. Kita akan mulai melakukan rencana aksi yang baru untuk melakukan berbagai hal dalam upaya pembenahan pengelolaan keuangan daerah ke depan, semoga di tahun tahun mendatang kita tetap bisa mempertahankannya,” pungkas Sukarni. [Adv]

Editor: Usmady Dianto