Bambang Hermanto Usulkan Timpora untuk Cegah Corona

1

Bambang Hermanto. Foto/Dok

Interaktif News - Anggota DPRD Kota Bengkulu Bambang Hermanto mengusulkan agar Pemkot Bengkulu membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora). Usul ini sebagai salah satu upaya antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Bengkulu.

"Ya menurut saya ini penting sebagai salah satu langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona. Tak hanya pemkot, ada baiknya seluruh pemerintah kabupaten, bahkan provinsi juga membentuk Timpora, yang fokus terhadap orang asing," kata Bambang, Kamis, 19 Maret 2020.

Timpora ini, lanjutnya, terdiri dari beberapa unsur yakni Satpol PP, Imigrasi, Departemen Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan dan TNI Polri, atau stakeholder terkait lainnya. Di mana di beberapa daerah bahkan sudah membentuknya.

"Tugasnya mengecek keluar masuk orang asing di Bengkulu, baik dari jalur udara, laut, atau darat. Tim ini nanti menjalin kerja sama sesuai dengan kewenangannya, namun harus terintegrasi dan informasi terkait kedatangan atau kepergian orang asing dapat terpantau dengan baik," tuturnya.

Bambang mengingatkan, kendati belum ada kasus positif Covid-19 di Bengkulu, namun meningkatkan kewaspadaan tetap menjadi hal penting. Pasalnya, informasi terbaru menyebutkan jumlah warga yang positif Corona terus bertambah.

"Di Pulau Sumatera sudah ada tiga provinsi yang mengkonfirmasi kasus positif virus Corona, yakni Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Lampung. Oleh sebab itu kita semua harus tetap waspada dan hati-hati, khususnya terhadap kedatangan orang asing, meski jumlah orang asing di Bengkulu tak sebanyak daerah-daerah lain," tukas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang mengajak seluruh warga masyarakat se-Provinsi Bengkulu untuk benar-benar menjalankan protokol penanganan wabah Corona dan juga imbauan-imbauan terkait antisipasi Covid-19 yang disampaikan kepala daerah.

"Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT, dan tidak ada satupun warga Bengkulu yang positif Corona," harap Bambang.(***)