Bahas Pembangunan Tahun 2023, Desa Padang Serasan Gelar Musrembangdes

Desa Padang Serasan

Musrembangdes Desa Padang Serasan, Bengkulu Selatan, Rabu, 12 Januari 2022, Foto: Dok/Yon Maryono

Interaktif News - Pemerintah Desa Padang Serasan, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan Menggelar Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2023, Rabu, (12/01/2022.

Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Padang Serasan acara turut dihadiri oleh Kepala Desa Padang Serasan Wiwin dan Perangkatnya, BPD, Kasi Pemdes Kecamatan Pino Raya, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Kader Kesehatan, dan Perwakilan Lembaga Desa.

Kepala Desa Padang Serasan Wiwin mengatakan, Musrembangdes diadakan untuk memastikan penetapan daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023 bisa berjalan dengan baik.

“Saya berharap kepada adik sanak warga Desa Padang Serasan untuk mengajukan usulan-usulan yang bersifat membangun dan bisa memajukan perekonomian desa lebih baik lagi” kata dia. 

Sementara itu kasi Pemdes Camat Pino Raya, Holidy syarif menyampaikan, semua aspirasi warga akan ditampung dan akan kembali dibahas saat Musrenbang pada tingkat kecamatan.

"Semua usulan ini akan dijadikan sebagai acuan kegiatan pembangunan di 2023 mendatang. Nantinya, apa yang diusulkan ini akan kembali kita bahas di Musrenbang tingkat kecamatan" kata Holidy syarif .

Musrenbangdes merupakan program dari pemerintah pusat yang digelar setiap tahun yang mana mewajibkan instansi bersangkutan untuk terjun langsung ke masyarakat desa guna menjaring aspirasi mulai dari bawah dengan sekala prioritas.

Adapun daftar usulan bidang infrastruktur untuk dibiayai dari APBD adalah sebagai berikut; Hotmix Jalan Sawah Jambat Akar 3 KM, Pagar Sawah Jambat Akar - Senangun, Pembangunan Jambat Air Langan Tengah dan Langan Kecil, Siring Pasang Air Kurawan - Jembatan Air Sekunyit.

Kemudian pembangunan Siring Pasang Simpang Masjid Darussalam Selipi - Rumah Yamudin, Pembangunan Hotmix Jalan TMD Padang Meribungan-Padang Sali-Padang Lagan, Pembangunan Jembatan Air Sakayan, Pemasangan Pipa Air Bersih dari Sumber Mata Air Tebing Belakang SD Padang Lagan. 

Usulan pembangunan infrastruktur yang dibaiayi APBN yaitu; Pembangunan Siring Pasang 4 KM Jalan Sentra Padang Meribungan dan Perbaikan Jalan Depan Pos Kamling. 

Pembiayaan DD meliputi  Pembuatan Gang Rabat Beton dari depan Poskes kedepan rumah La’in sepanjang 250 M.

Usulan-usulan di bidang ekonomi dari dana APBD meliputi: Pembangunan Cikdam depan kantor Desa (Embung) dan Pembangunan Irigasi yang terletak di Air Lagan dan Irigasi Ruang Cunggaum.

Usulan-usulan di bidang sosial, untuk dana APBD yaitu; Kantor BPD, Menara masjid untuk rumempat masjid, Pemagaran pemakaman di padang meribung dan padang Sali, Rehab Masjid padang lagan, Rehab Pustu, Alat-alat kesehatan, Pagar SD Padang Lagan 50 M, Gedung PAUD Padang Meribungan, Lapangan olahraga. Sedangkan untuk pembiayaan APBN diusulkan untuk membangun Stadion Mini.

Reporter: Yon Maryono
Editor: Usmady Dianto