5 Orang Asal Bengkulu, Timsel Umumkan Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI Lolos Seleksi Administrasi

KPU Bawaslu

Tangkapan layar surat pengumuman Timsel anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027, Foto: Dok

Interaktif News – Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia masa jabatan 2022-2027 umumkan peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. 

Dalam pengumuman dituangkan dalam surat pengumuman Nomor: 139/TIMSEL/XI/2021 tanggal 17 November 2021 itu sebanyak 629 orang dinyatakan lolos. Terdiri dari 352 orang calon anggota KPU dan 277 orang untuk calon anggota Bawaslu.  

Sebelumnya sebanyak 492 orang ikut mendaftar untuk calon anggota KPU dan 376 orang untuk calon anggota Bawaslu. Total 868 orang ikut mendaftar. 
Setelah dinyatakan lolos nama-nama yang dinyatakan lolos berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu; seleksi tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi yang akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 24-25 November 2021 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menarik disimak diantara peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi beberapa diantaranya merupakan kandidat asal Bengkulu. Total ada 5 orang peserta yang dinyatakan lolos seleksi adminsitrasi yang berasal dari Bengkulu yaitu; Patimah Siregar, Ediansyah Hasan, dan Siti Barorah untuk calon Bawaslu RI, Parsadaan Harahap, dan Eko Sugianto untuk calon KPU RI. Mereka saat ini masih tercatat sebagai anggota KPU dan Bawaslu Provinsi Bengkulu. 

Kelimanya telah malang melintang di lembaga penyelanggara pemilu, khusunya di Bengkulu. Eko Sugianto misalnya, Ia adalah anggota KPU Provinsi Bengkulu dua periode yang sebelumnya juga sempat menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Utara. Demikan pula Siti Baroroh yang merupakan komisioner KPU Provinsi Bengkulu 2 periode. 

Patimah Siregar, Parsadaan Harahap, dan Ediansyah Hasan saat ini masih menjabat sebagai komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu. Parsadaan Harahap bahkan sempat pula menjabat sebagai komisioner KPU Provinsi Bengkulu 2 periode. 

Selain kandidat asal Bengkulu, dalam pengumuman itu beberapa kandidat petahana juga ikut bertarung. Diantaranya Pramono Ubait Tantowi yang saat ini masih berstatus komisioner KPU RI. Namun, ia nyebrang sebagai calon Bawaslu RI. 

Ilham Saputra bertahan sebagai calon komisioner KPU. Ilham adalah Ketua KPU RI yang baru menjabat sejak Januari 2021 lalu. Ia menggantikan Arief Budiman yang sebelumnya kena sanksi kode etik. 

Selain itu I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Viryan, dan Hasyim Asy`ari yang juga komisioner KPU RI kembali bertarung untuk masa jabatan 2022-2027. 
Berikut naman-nama yang dinayatakan lolos seleksi administrasi calon anggota KPU dan Bawaslu RI. Klik di sini. 

Editor: Alfridho Ade Permana