32,917 Ton Pupuk Subsidi Siap Didistribusikan ke Bengkulu Awal Januari

Pupuk Subsidi

Gudang Pupuk, Foto: Dok/Antaranews.com

Interaktif News - Kementerian Pertanian Republik Indonesia rilis data bantuan pupuk subsidi untuk 34 Provinsi di Indonesia Tahun Anggaran 2024. Provinsi Bengkulu mendapat alokasi 32,917 Ton dengan rincian 15,378 ton Pupuk Urea dan 17,539 ton Pupuk NPK.

Kepala Bidang PSP Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Helmi Yuliandri  membenarkan bantuan pupuk subsidi yang akan diterima Pemprov Bengkulu sebesar 32,917 ton. 

Jumlah tersebut bisa saja bertambah apabila pada bulan 6 dan bulan 7 nanti serapan maupun permintaan petani meningkat. Pengadaannya juga mempertimbangkan kemampuan anggaran pemerintah di tahun 2024.

"Apabila bulan 6 bulan atau 7 nanti permintaan meningkat mereka (pusat) akan mendistribuskan kembali. Ini emang berbeda seperti distribusi tahun lalu kalau tahun lalu kan disiapkan pagu awal 27 ribu mereka siapkan. Kalau sekarang tidak karena mengìngat anggaran," kata Helmi, Rabu, (03/01/2024)

Lebih jauh, Helmi menambahkan, nantinya, Gubernur Rohidin akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tata cara pendistribusian pupuk subsidi. 

Rencananya pada minggu pertama Januari bantuan pupuk subsidi sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten maupun kota. 

"Sudah kita siapkan SK Gubernurnya untuk didistribusikan ke kabupaten dan kota, teman-teman kabupaten saat ini sudah membuat draft SK Bupati. Nanti di minggu pertama Insyallah sudah kita distribusikan," tutup Helmi.

Editor: Irfan Arief