300 KK di Seluma Nikmati Air Bersih Program TNI Manunggal

Program TNI Manunggal

Peresmian Pipanisasi air bersih program TNI Manunggal di Desa Dusun Tengah, Kabupaten Seluma. Kamis, 9 November 2023. Foto: Dok 

Interaktif News - Sebanyak 300 kepala keluarga (KK) di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu akhirnya bisa menikmati air bersih melalui program TNI Manunggal Kodim 0425/Seluma.

Disampaikan Dandim 0425/Seluma Letkol Arh Dedy Hendaryatmoko bahwa program TNI AD Manunggal Air bersih ini merupakan perintah harian Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) dan juga perintah Pangkostrad guna membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih.

“Program ini merupakan program utama TNI AD manunggal dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. Karena air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, dan Alhamdulillah Program Pipanisasi yang kita resmikan ini bisa menyuplai air bersih untuk 300 KK,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, kegiatan Pipanisasi memberikan air bersih bagi warga ini dinilai efektif karena tidak membutuhkan listrik, Pipanisasi ini bekerja memanfaatkan aliran dari atas air/Gravitasi dari Sungai Kecil Pelumpatan.

“Untuk sumber airnya berjarak 800 Meter dari lokasi penampungan, dengan energi Gravitasi,  titik air yang berasal dari sungai Kecil Pelumpatan bisa ditampung di tandon dan masyarakat bisa langsung menerima manfaat air bersih,” papar Dandim.

Dandim berharap dengan adanya Program Pipanisasi ini masyarakat bisa menjaga , memelihara dan memanfaatkan sarana yang lainnya agar dapat difungsikan dalam jangka waktu yang lama.

Pipanisasi air bersih di desa tersebut, diresmikan secara langsung oleh Komandan Kodim 0425/Seluma Letkol Arh Dedy Hendaryatmoko didampingi Camat Lubuk Sandi Takdirmansyah, Danramil 425-03/Air Periukan Kapten Kav Dedy Iskandar, Kapolsek Sukaraja Iptu Frengky Sirait, Kepala Desa Dusun Tengah Jery Indrawan, Kamis (9/11/2023) di kantor desa setempat.

Reporter: Deni Putra Aliansyah