2024 Mendatang, Inspektorat Seluma Bakal Gencar Audit Desa-desa di Pelosok

desa skalak

Jalan Desa Skalak, Foto: Dok

Interaktif News - 2024 mendatang, Inspektorat Kabupaten Seluma bakal melakukan pembinaan dan audit desa-desa berada dipelosok yang terpantau minimnya realisasi dana desa dalam segi pembangunan.

Inspektur Inspektorat Seluma, Marahalim mengatakan pihaknya untuk tahun depan akan melakukan audit reguler terhadap setiap desa yang berada di pelosok Kabupaten Seluma.

"Tahun 2024 akan segera kita audit setiap desa yang berada di pedalaman karena selain jauh dari jangkauan juga rentan terjadi penyelewengan dana desa," kata Inspektur Inspektorat MaraHalim, (15/12/2023).

Dia menjelaskan, terkait audit tersebut, selama ini pihaknya terkendala dengan jarak untuk mencapai lokasi, sehingga di 2024 mendatang akan dilakukan audit menyeluruh di desa-desa pelosok. 

"Kita pastikan tahun depan dan anggaran berjalan, maka audit serta pembinaan kita lakukan, dipastikan inspektorat bakal fokus ke semua desa pelosok yang di luar jangkauan," tegasnya.

Sebelumnya memang banyak muncul pada pemberitaan terkait dengan minimnya realisasi pembangunan melalui dana desa. Sebaliknya, pembangunan infrastruktur menggunakan APBD juga gencar dilakukan.

"Pemberitaan terkait minimnya realisasi pembangunan melalui dana desa memang sudah banyak, mungkin peruntukannya bukan untuk pembangunan, sedangkan pembangunan daerah kini gencar dilakukan ke desa pedalaman," sebutnya.

Ia memastikan kedepannya pihaknya akan terus memonitoring setiap penggunaan gana desa di wilayah pelosok pedalaman. Tetapi kini, Tim auditor masih sangat minim sehingga dilakukan secara bertahap.

"Setiap realiasi dana desa dipastikan selalu dimonitor, jika terdapat pemberitaan terkait hal tersebut ataupun laporan maka akan langsung kita cek ke lapangan. Namun secara bertahap dan ada prosesnya," demikian kata Marahalim.

Sebelumnya, Desa Skalak Kecamatan Seluma Utara beberapa waktu lalu sempat diviralkan oleh warganya lantaran minim realisasi pembangunan dari anggaran dana desa. Desa Skalak merupakan wilayah pelosok. Untuk mencapai desa tersebut  harus menelusuri jalan bebatuan milik PT BIL selama dua jam dan diperkirakan jarak tempuhnya mencapai 18 KM.

Reporter: Deni Alianysah Putra