20 Desa Ini Masuk dalam Desa Wisata Rintisan Dispar Bengkulu

Air tenam

Desa Air Tenam, Ulu Manna, Bengkulu Selatan, Foto: Dok/Instagram @frediyusuf

Interaktif News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi desa-desa di Bengkulu yang mulai mengembangkan sektor wisata sebagai sumber pendapatan desa dan masyarakatnya. Tak sedikit desa-desa di sejumlah kabupaten membangun spot-spot wisata, wahana wisata keluarga, hingga taman-taman nyentrik. 

Menurut Rohidin, pandemi mengubah tren kunjungan wisata yang tadinya mengandalkan jumlah atau kuantitas pengunjung wisata menjadi kualitas pengelolaan wisata itu sendiri. Konsep Desa Wisata dikatakan cukup pas dan sesuai.

"Orang mau berwisata yang tadinya ramai, malah jadi mikir. Kini yang dicari adalah wisata yang pengelolaannya menerapkan protokol kesehatan. Wisata alam desa-desa wisata di Bengkulu sangat memungkinkan pengunjung melakukan physical distancing, wisatanya juga lengkap untuk petualang minat khusus," tutur Rohidin saat berkunjung ke Desa Batu Ampar Kepahiang, Kamis, (26/08/2021)

Kadis Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Seriawan menjelaskan, lomba Desa Wisata yang saat ini sedang digarap merupakan trigger atau rangsangan untuk desa-desa di Provinsi Bengkulu mengembangkan dan membenahi pengelolaan potensi wisata.

"Kalau target Kemenparekraf RI sesuai RPJMN, itu 244 desa wisata tersertifikasi dan didorong jadi desa mandiri. Kita di Bengkulu juga menginventaris desa-desa yang memungkinkan untuk dilakukan pengembangan desa wisata sekaligus pengelolaan sektor wisatanya” kata kadispar Irsan.

Saat ini kata Irsan, terdapat puluhan desa berpotensi atau menjadi rintisan. Rata-rata, potensi alam masih menjadi andalan objek wisata. 

"Ada desa-desa yang membuat berbagai wahana, seperti di Bengkulu Utara itu desa membangun embung kemudian dibangun fasilitas wisata keluarga, ratusan desa di Bengkuku miliki potensi  wisata dengan keunikan masing-masing," imbuhnya. 

Berikut beberapa desa rintisan versi Dispar Provinsi Bengkulu:

1) Desa Belitar Sebrang, Sindang Kelingi Rejang Lebong
2) Desa Sumber Urip, Selupu Rejang - Rejang Lebong
3) Desa Rimbo Recap, Curup Selatan - Rejang Lebong
4) Desa Tangsi Duren, Kabawetan - Kepahiang
5) Desa Cinto Mandi, Bermani Ilir - Kepahiang
6) Desa Air Sempiang, Kabawetan - Kepahiang
7) Desa Rindu Hati, Taba Penanjung - Bengkulu Tengah
8) Desa Bukit, Semidang Lagan Bengkulu Tengah
9) Desa Suka Baru, Marga Sakti Sebelat Bengkulu Utara
10) Desa Kemumu Armajaya Bengkulu Utara
11) Desa Seblat Ulu, Pinang Belapis Lebong
12) Desa Danau Lebong Atas, Lebong
13) Desa Bandar Ratu Mukomuko
14) Desa Air Berau Pondok Suguh Mukomuko
15) Desa Napal Jungur Lubuk Sandi Seluma
16) Desa Kungkai Baru Air Periukan Seluma
17) Desa Air Tenam Ulu Manna Bengkulu Selatan
18) Desa Batu Ampar Kedurang Bengkulu Selatan
19) Desa Pangubaian Kaur
20) Desa Merpas Nasal Kaur

Editor: Alfridho Ade Permana