14 Tokoh Bengkulu Diusulkan Calon Menteri Prabowo

Calon Menteri Prabowo

Surat usulan calon menteri asal Bengkulu kepada Prabowo, Foto: Dok

Interaktif News – Apabila tidak ada aral melintang pelantikan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan berlangsung pada Minggu 20 Oktober 2024. Tanggal tersebut sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam lampiran PKPU Nomor 3 Tahun 2024. 

Menjelang pelantikan kasak-kusuk siapa yang bakal menjadi calon menteri Prabowo mulai berseleweran di media sosial walaupun hingga saat ini Prabowo belum pernah merilis calon menteri yang bakal mengisi kabinetnya. Dinamika ini juga terjadi di Provinsi Bengkulu adalah Ahmad Kanedi yang mengusulkan tokoh-tokoh asal Bengkulu untuk menjadi menteri Prabowo. 

Ahmad Kanedi merupakan Senator asal Bengkulu yang telah menjadi anggota DPD RI 2 periode. Ahmad Kanedi atau yang akrab disapa Bang ken ini juga merupakan mantan Wali Kota Bengkulu dan saat ini menjadi salah seorang bakal calon wakil gubernur untuk Pilgub Bengkulu 2024.

Usulan Ahmad Kanedi dituangkan dalam surat resmi berkop DPD RI yang ditujukan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Surat bertanggal 20 Mei 2024 itu juga ditembuskan kepada Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Saat dikonfirmasi Bang Ken membenarkan telah mengusulkan 14 tokoh Bengkulu untuk menjadi menteri Prabowo. Ia berlasan Bengkulu merupakan tanah sejarah, tempat kelahiran ibu negara pertama, Fatmawati. Tokoh-tokoh Bengkulu juga banyak yang ikut Soekarno saat pembuangan di Bengkulu. Tokoh-tokoh ini kemudian berjuang di garis depan untuk kemerdekaan RI.

“Setelah era Soekarno belum ada lagi Tokoh Bengkulu yang menjadi bagian dari peyelenggara pemerintahan di semua tingkat nasional…Diharapakan Bapak Presiden Terpilih untuk memilih salah satu masyarakat Bengkulu yang pantas atau mampu untuk dipilih sebagai peyelenggara negara Pemerintahan Pusat dibawah pimpinan Bapak Prabowo dan Bapak Gibran” tulis Bang Ken dalam suratnya. 

Berikut 14 tokoh yang diusulkan untuk menjadi Menteri Prabowo-Gibran:

  1. Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu)
  2. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Unib)
  3. Ridwan Nurazi (Mantan Rektor Unib)
  4. Zulkarnain Dali (Rektor UIN Fatmawati)
  5. Helmi Hasan (Mantan Wali Kota Bengkulu) 
  6. Mian (Bupati  Bengkulu Utara)
  7. Rosjonsyah (Wakil Gubernur Bengkulu)
  8. Meriani (Pengusahan ABengkulu)
  9. Yulfiperius (Rektor Unihaz) 
  10. Susiyanto (Rektor UMB)
  11. Akhmad Syakhroza (Guru Besar UI) 
  12. Yandri Susanto (Wakil Ketua MPR RI)
  13. Mayor Jendral TNI Jon Afriadi (Komandan Jendral Kopasus)
  14. Laksamana Muda Irvansyah (Kepala Bakamla RI)

Reporter: Irfan Arief