14 Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Seluma: Hanura Optimis Menang, Ummat Perbaikan Berkas

Hanura Seluma

Pendaftaran Bacaleg dari Partai Hanura, Minggu, 14 Mei 2023, Foto: Dok

Interaktif News – KPU Seluma untuk semantara telah menerima  pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 14 partai politik, diantaranya; PDIP, Nasdem, PKS, PAN, PBB, PSI, PPP, Perindo, PKB, Demokrat, Golkar, Gerindra, Hanura dan Partai Umat, Minggu, (14/05/23)

Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi mengatakan, hari  terakhir pendaftaran pihaknya menerima berkas Bacaleg dari Parpol Gerindra, Hanura dan Umat. Namun, Partai Ummat terjadi kesalahan administrasi pada berkas pendaftaran sehingga masih menunggu perbaikan. KPU Seluma memberikan waktu hingga pukul 23.59 WIB malam ini.

"Berkas yang sudah kami terima keseluruhannya ada 14 parpol namun Partai Ummat ada kesalahan di bagian administrasi. Kesalahan itu terkait tanggal pendaftaran mereka, harusnya dibuat pada tanggal 14 bulan dan hari ini namun dibuat di bulan Desember sehingga tidak sinkron," jelas Sarjan.

Sementara Hanura adalah partai terakhir yang mendaftarkan Balaceg ke KPU Seluma. Meski menjadi pendaftar terakhir, partai yang dominan dengan warna oranye ini sangat optimis meenjadi pemenang pemilu legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Ketua DPC Hanura Kabupaten Seluma, Benny Hardiansyah mengatakan, hadirnya Hanura akan membawa warna baru bagi rakyat Kabupaten Seluma. Mantan aktivis pejuang lingkungan itu menyakini Hanura aka memberikan warna baru dalam kontestasi ileg di Seluma.

"Sebelumya kami tidak ada keterwakilan DPRD khususnya di Seluma namun kali sudah saatnya keterwakilan suara dari hati nurani rakyat ada di Seluma," kata Benny dari panggung konfrensi pers KPU Seluma, Minggu, (14/05/23).

Partai Hanura mengusung kader-kader terbaik yang berasal dari Kecamatan Lubuk Sandi yang masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) IV dengan keterwakilan perempuan 30%. Para Bacaleg Hanura terdiri dari tokoh pemuda hingga 3 orang kades aktif dan mantan kades.

"Hanura punya mimpi bahwa semua orang punya kesempatan menjadi wakil rakyat dan dari Lubuk Sandi sudah berkomitmen dari tokoh pemuda, masyarakat hingga para kades dan mantan kades sepakat untuk bertarung merebut kursi DPRD di wilayah Dapil 4" kata Benny.

Reporter: Deni Aliansyh Putra